SERANG, – Kehadiran program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sudah terbukti banyak memberikan dampak bagi masyarakat.Program yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan ini memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat tanpa membuat penggunanya merasa khawatir akan biaya yang akan ditimbulkan. Penyakit yang tergolong memerlukan biaya besarpun seluruhnya ditanggung oleh program JKN-KIS.
Hal tersebut diamini oleh Madari (56), peserta JKN-KIS segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI-APBN) yang merupakan warga Kp. Maruga Ds. Sukadalem Kecamtan Waringin Kurung Kabupaten Serang, Banten ini mengaku merasakan langsung manfaat dari hadirnya Program JKN-KIS.
Pasalnya, pada awal bulan lalu Madari merasakan demam dan lemas kemudian berobat ke Puskesmas dekat rumahnya namun tak kunjung sembuh dan harus dirujuk ke salahsatu ICU RS Swasta di wilayah Kota Serang karena hasil pemeriksaan trombosit rendah dan diagnosa awal adanya infeksi saluran dalam. Namun semua biaya pelayanannya ternyata sudah dijamin oleh JKN-KIS.
“Alhamdulillah saya tidak dikenakan biaya sama sekali, masuk dari 7 Mei kemarin sampai sekarang dan sempat dua hari masuk di ICU,” Jelas Madari saat ditemui di RS Kurnia Serang (11/05).
Kemudian Madari juga menceritakan bahwa keluarga sempat panik dengan kondisi dirinya yang sudah lemas saat di rumah. Mungkin saat itu yang ada dipikiran keluarga hanya keselamatan dirinya, sehingga memutuskan untuk membawa ke rumah sakit terdekat dari rumah tanpa menyiapkan biaya perawatannya imbas dari pandemi yang tak kunjung usai.
“Waktu itu diantar keluarga langsung, ternyata setelah diperiksa harus rawat inap. Jujur belum menyiapkan biaya, untung semua sudah dijamin JKN-KIS,” Tambah Madari.
Selama menjalani pelayanan Madari merasa puas, karena pelayanan yang diterimanya terkesan tanggap ramah dan baik tanpa membeda-bedakan status dari pesertanya yang merupakan penerima bantuan iuran dari pemerintah. Pada akhir pembicaraan Madari berharap program JKN-KIS harus terus berlanjut karena sudah banyak membantu orang kecil seperti dirinya.
“Saya sangat berterima kasih kepada BPJS Kesehatan dan pihak Rumah Sakit telah merawat dengan baik tanpa membeda-bedakan dengan pasien lainnya. Semoga BPJS Kesehatan semakin maju lagi, serta terus membantu rakyat kecil dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak,” tutup Madari. (Red)