Pandeglang – Assisten Deputi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), mengapresiasi Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Pandeglang. Menurutnya, sarana, sdm dan pelayanan nya cukup bagus bahkan sebagai pionir di Provinsi Banten. “Dari sejak pendirian MPP ini kita ikut didalamnya, dan hasil nya jauh lebih baik dari apa yang dibayangkan, “hal demikian dikatakan Asisten Deputi (Asdep) Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB Noviana Andriana saat berkunjung ke MPP Pandeglang, Jum’at (25/6/2021).
“Kami datang kesini merasa bangga dan terharu melihat pelayanan MPP di Pandeglang, hari ini kami bawa tim solid agar ada transfer knowladge, karena tim kami juga memberikan bimbingan di wilayah I,” ujarnya.
Noviana menilai, MPP ini dengan SDM dan pelayanan yang diberikan sudah membawa gerbong ke era digitalisasi. “Memang harus terus ada pengembangan khususnya menyesuaikan kepada kebutuhan masyarakat,” imbuhnya.
Terkait pengembangan layanan, dikatakan Noviana, kedepan disini (MPP) harus ada pelayanan SIM, SPKT, BPOM, dan BNN. Layanan ini semua, kata Noviana harus masuk kedalam layanan yang ada di MPP. “Ini semua merupakan layanan yang dibutuhkan masyarakat, saya harap bisa masuk juga di MPP,” pungkasnya.
Kepala Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Ida Novaida mengatakan, tujuan dibuatnya MPP adalah untuk menjadikan pelayanan yang cepat mudah, terjangkau, aman dan nyaman. “Walaupun proses panjang, alhamdulillah MPP ini diresmikan oleh Bapak Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo, ini menjadi kebanggaan warga Pandeglang,”ungkap Ida
Respon masyarakat cukup baik dengan hadirnya MPP, hal ini kata Ida tetlihat dari Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) yang terus meningkat terhadap pelayanan. “SKM yang kami buat perlayanan, pada tahun 2016 SKM di angka 62%, setelah ada MPP tahun 2020 naik 84%, dan pata tahun 2021 naik 92,7% (sangat baik),” terangnya.
Sementara Sekda Pandeglang Pery Hasanudin mengucapkan terimakasih kepada Asdep yang telah memberikan apresiasi kepada MPP Pandeglang. Diungkapkan Pery, MPP ini harapan semua orang yang ada di Pandeglang. “Semua masyarakat ingin dilayani dengan mudah, cepat, dan yaman. Dengan ada MPP perizinan tidak lagi berbelit dan dapat meminimalisir oknum pungli,” kata Pery
Pery juga membenarkan apa yang disampaikan kepala DPMPTSP terkait kemudahan layanan. “Kemudahan itu benar adanya, satu waktu kami ngobrol diwarung kopi ada warga yang bilang untuk membuat izin sekarang mudah, saya bangga mendengar respon tersebut,” ucapnya. ***